Membuat Garis dengan Menggunakan Java + OpenGL
Sedikit
pengetahuan sebelum nya, akan dijelas kana terlebih dahulu apa itu OpenGL.
OpenGL (Open Graphics Library) adalah spesifikasi yang mendefinisikan sebuah
lintasan-lintasan bahasa, lintasan platform API untuk mengembangkan aplikasi
yang menghasilkan grafis komputer 2d atau 3d. Antarmuka terdiri dari lebih dari
250 panggilan fungsi yang berbeda yang dapat digunakan untuk menggambar tiga
dimensi yang adegan-adegan kompleks dari bentuk-bentuk primitf sederhana.
Lanjut ke
membuat garis dengan menggunakan Java + OpenGL, kita persiapkan terlebih dahulu
tools yang kita butuh kan untuk membuat program nya.
1.
Java Development Kit
Tools
tersebut merupakan syarat penting dalam mengembangkan aplikasi java dimana
berisi library-library dan compiler untuk mengeksekusi kodingan dalam java.
2.
Java IDE (Netbeans)
Untuk IDE
sendiri kita bebas dalam memilih yang penting library yang akan kita download
mensupport IDE tersebut.
3.
Library LWJGL
Library ini
berfungsi untuk menghubungkan antara Netbeans dengan OpenGL.
Dalam
membuat Program ini saya menggunakan Bahasa java dengan IDE Netbeans 8.0.1 dan
library penghubung antara IDE dengan Open GL yaitu LWJGL 2.9.3 yang berjalan
pada OS windows 7 32bit.
Bila
sudah lalu kita membuat Project Baru, buat 1 main class java + 3 class. Untuk
main class nya ini kita isikan dengan source code LineMaker, lalu untuk 3class
lain nya kita isikan dengan source code Horizontal, Vertikal dan Diagonal.
ini link penjelasan dari programnya :
dibawah merupakan link dari aplikasi garisnya :
0 komentar:
Posting Komentar